Perkembangan Desain TV Cembung ke TV Lengkung

Sebelum maraknya dunia Gadget, pasti anak-anak sudah tahu akan keberadaan dari dunia pertelevisian. Dimana, sedari dulu sudah menjadi sebuah media telekomunikasi yang memang berfungsi sebagai penerima dari siaran gambar bergerak beserta suara. Baik itu pada efek monokrom maupun pada efek yang sudah berwarna. 

Untuk kata TV atau Televisi ini sendiri menjadi gabungan kata dasar “ t e l e “ yang makna Jauh ( diambil dari bahasa Yunani ), dan “ v i s i o “  menjadi makna dari Penglihatan ( diambil dari bahasa Latin ). Jika disimpulkan maka menjadi salah satu alat komunikasi dengan metode jarak jauh dan menggunakan bantuan adanya Visual atau sebuah penglihatan. 

Penemuan dari televisi ini sebenarnya disejajarkan dengan penemuan roda. Hal ini memang dikarenakan, penemuannya bisa mengubah langsung peradaban dunia dan di Indonesia sendiri adanya televisi sudah memberikan peran penting dalam dunia masyarakat. Di awal perkembangannya, TV ini masih menggunakan beberapa gabungan teknologi optik, mekanik dan tentunya elektronik di dalam merekam, menampilkan hingga menyiarkan semuanya berbentuk sebuah visual. 

Kurang lebihnya diakhir tahun 1920-an, sistem dari dunia pertelevisian ini hanya menggunakan adanya sebuah bentuk teknologi optik dan juga elektroniknya saja. Yang mana, semua sistem televisi Modern ini mampu menerapkan adanya teknologi tersebut. Akan tetapi, saat memasuki era digital yang sudah mengikuti zaman, TV Layar besar atau Tabung ini juga mulai tergerus akan alur dari perkembangan teknologinya. 

Dimulainya TV Tabung (CRT – Tahun 1990) 

TV Tabung atau dulunya dikenal dengan Cathode Ray Tube ini memiliki ukuran diagonal layar yakni 40 sampai dengan 50 inch. Teknologi yang dimiliki juga sama seperti yang digunakan pada Monitor PC. tabung ini memiliki kurang lebih aliran Elektron dengan kecepatan tinggi yang dipancarkan dari “ K A T O D E “ hanya untuk bisa menciptakan adanya gambar. 

Tv Tabung Toshiba Bomba 32 inch di Lapak azani | Bukalapak
TV Tabung atau CRT

Kelebihan yang bisa kalian lihat dari hadirnya CRT ini adalah : harga yang dimiliki jauh lebih murah dibandingkan dengan jenis TV Lainnya di masa tersebut. Daya tahan dari TV Tabung sendiri memiliki kekuatan yang memang sangat lama. Umumnya, untuk TV Tabung ini akan mampu bertahan sampai dengan 3 tahun keatas dengan kekuatan dari layar tidak usah kalian ragukan lagi. 

Untuk kekurangan pada TV Tabung atau CRT ini adalah pada ukuran dari bentuk TV nya yang memang sangat besar serta berat. Hal ini menjadikan ruangan minimalis kalian, akan jauh terlihat sempit karena memakan banyak ruang untuk space menaruh TV Tabung tersebut. Mengenai daya listrik yang dipergunakan, rata-rata si mencapai 75w++… Televisi dengan keluaran lama ini menjadi salah satu cikal bakal hadirnya jenis Televisi Modern seperti : TV Plasma, TV LCD, TV LED dan terakhir adalah TV Curved. 

Dimulainya TV Plasma – Sejak Tahun 1997 Silam 

TV atau Televisi plasma ini menjadi salah satu perkembangan teknologi yang memang paling awal dan paling Slim TV. menggunakan resolusi Tinggi dan pada dasarnya nama Plasma ini sendiri telah disesuaikan pada prinsip kerja TV tersebut. 

Untuk Plasma sendiri masuk ke dalam jenis gas yang mana bisa untuk memisahkan adanya elektron dan juga inti atom dalam memproduksi gambar pada TV nya. Lebih terperinci lagi, arus listrik yang mana masuk akan bisa menghasilkan elektron yang bisa bereaksi dengan molekul dari air raksa atau Mercury dan juga bisa menghasilkan adanya Sinar Ultraviolet ( UV ). 

Pioneer 42" PDP-42A3HD Plasma TV Review | Audioholics
TV Plasma

Keunggulan yang dapat diberikan oleh TV Plasma dibandingkan dengan perangkat TV lainnya adalah memiliki sudut pandang yang jauh lebih lebar dan tingkat kontras perbandingan 10.000 banding 1/ selain itu, TV Plasma ini sendiri juga cenderung jauh lebih murah dibandingkan dengan penggunaan dari LCD atau LED. 

Terlebih lagi hadirnya TV Plasma di zaman dulu, sudah bisa kalian nikmati pada penggunaan dari tampilan gambar yang bagus dan bisa dikatakan tidak adanya blur. Hal ini memang dikarenakan, TV Plasma sendiri memiliki tingkat Refresh Rate dan juga Response Time yang sangat tinggi sampai dengan 600 Hz. Akan tetapi, ada hal yang perlu kalian ingat seperti TV Plasma ini cenderung jauh lebih berbobot dan lebih berat lagi. Semuanya dikarenakan umumnya masih memiliki ukuran diatas 32 Inch dan sangat boros sekali terhadap pemakaian dari energi listrik. 

Dimulainya TV LCD – Sejak Tahun 2003 Silam 

LCD atau kepanjangan dari Liquid Crystal Display ini memang sudah menjadi teknologi yang menggunakan adanya LCD dalam memproduksi gambar, lalu umumnya seperti yang terdapat langsung pada Monitor PC yang beredar di pasaran sampai detik ini. Teknologi dari LCD ini umumnya sudah bisa kalian gunakan pada monitor komputer. Nah selain itu, tv ini juga memiliki sebuah keunggulan dari teknologi Anti Glare atau tanpa memiliki bayangan, lalu pemakaian warna yang sudah jauh lebih realistis. 

China 1440*900 Resolution 16: 9 Wide Screen 19 Inch LCD Monitor - China LCD  Monitor and 19 Inch LCD Monitor price
TV LCD

Walau begitu, konsumsi dari listrik yang jauh lebih rendah dibandingkan TV Plasma ini, menyebabkan keberadaan dari TV LCD cocok digunakan sebagai layar PC atau Komputer di rumah kalian maupun di kantor. Kelemahan mendasar yang bisa kalian temui dari TV LCD ini umumnya memang bisa dirasakan ketika menonton TV terutama sekali saat di ruang yang kurang pada pencahayaannya. Jika dibandingkan dengan TV Jenis lainnya, maka LCD TV ini akan mampu menghasilkan kualitas dari gambar dan juga kontras yang ada kurang baik jika dilihat dari sudut yang jauh lebih besar. 

Perkembangan Televisi Berwarna – memang sudah ada dari Tahun 1950-an silam. Pada masa itu, terdapat 3 jaringan Televisi yakni NBC, CBS dan satu lagi ABC mulai melakukan adanya programming televisi secara langsung. Yang mana kemudian, pada tahun 1962 silam ada beberapa acara mulai langsung disiarkan secara langsung di wilayah Philadelphia. Lalu masuk di tahun 1949 dan juga 1969 adanya jumlah dari peralatan elektronik rumah tangga yang ada di Amerika Serikat termasuk juga TV sudah mencapai 44 juta unit. Lalu lambat laut meningkat menjadi 96% dan jumlah dari stasiun televisi juga semakin bertambah dari 69 menjadi 566. 

Konsep pada Televisi Warna sendiri sebenarnya sudah ada sejak tahun 1873 dan sudah ditemukan oleh seorang operator telegram. Jadi dalam hal ini, penonton bisa melihat video bergerak yang berwarna melalui sebuah arus listrik dengan karema Selenium. Teknologinya kemudian dikembangkan oleh negara Jerman dan sudah dibuat hak patennya sejak tahun 1904. Lalu tepat pada 17 Desember tahun 1953, FFC mengesahkan adanya penyiaran stasiun televisi berwarna RCA dan ketenaran yang ada sampai 10 tahun kemudian berarti di tahun 1963. 

Kalian harus bisa berterima kasih, karena hadirnya televisi berwarna ini berkat adanya peran dunia Ilmuwan Vladimir Kozmich Zworykin dan juga Philo T Farnsworth. Dua ilmuwan ini sudah membuat televisi dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Hal serupa juga sudah dilakukan oleh Baird Television dengan membuat langsung program televisi berwarna. 

Tak hanya siaran langsung berita saja yang ternyata ditayangkan dengan penggunaan dari warna, namun ada juga beberapa hiburan tenar yang dibuat versi full color nya. Dan sejak tahun 1960 silam, program yang bernama Andy Griffith Show sudah tayang dan sudah memiliki warna. Serial ini menayangkan sebuah acara dengan latar belakang dari kota kecil dan seorang sheriff. Acara ini sendiri sudah berada pada deretan top 10 sampai dengan tahun 1967 silam. Kemudian tayangan dari Beverly Hillbillies sudah mengikuti adanya jejak Griffith pada tahun 1962 dan acara tersebut tenar dengan penggunaan dari latar belakang cerita di ladang pertanian. 

Itulah sedikitnya informasi yang bisa kami berikan untuk kalian semua. Semoga, dengan adanya perkembangan-perkembangan yang sudah kami jabarkan mengenai dunia pertelevisian, menjadi tambahan ilmu untuk kalian semua.