Sejarah dari Perkembangan Televisi di Indonesia

TV sudah menjadi sebuah media yang mana memiliki kekuatan yang sangat besar di dalam mempengaruhi masyarakat. Sampai dengan detik ini, TV masih saja dianggap sebagai pusat informasi bagi sebagian besar orang di dunia, termasuk di Indonesia. Nah salah satu media massa, TV memiliki dampak yang sangat kuat dalam membentuk opini publik. Di Indonesia, TV dan siaran pertelevisian ini memiliki sejarah yang amat panjang. Kebetulan sekali, dalam artikel ini kami akan membahas mengenai sejarah dari perkembangan TV di Indonesia. 

Awal Hadirnya Pertelevisian di Indonesia 

Sejarah dari Televisi di dunia ini berbeda-beda pastinya, seperti di negara Indonesia. Dimana di negara kita sendiri sudah mulai dari disiarkannya stasiun televisi mpo slot pertama di Indonesia bernama TVRI atau kepanjangan dari Televisi Republik Indonesia. Saluran TV TVRI ini sendiri sejak awal siarannya dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus tahun 1962 silam. TVRI kala itu menyiarkan langsung peringatan dari hari kemerdekaan Republik Indonesia dari depan halaman Istana Merdeka Jakarta pada kala itu. sebelumnya , TVRI ini menjadi program khusus yang dilaksanakan untuk dapat mensukseskan ASIAN Games di Jakarta pada tahun 1962 silam. Yang mana Presiden Soekarno sudah memiliki andil yang cukup besar dalam pembangunan TVRI sebagai sebuah stasiun televisi pertama di Indonesia. 

Pada tanggal 24 Agustus tahun 1962, TVRI kembali lagi menyiarkan secara langsung upacara pembukaan Asian Games ke-4 dari Stadion Gelora Bung Karno. Hari inilah, yang sampai detik ini kita semua peringati sebagai hari dari ulang Tahun TVRI. setelahnya, TVRI sendiri mulai menyiarkan tayangan televisi secara reguler kepada masyarakatnya. Pemerintah juga sudah mengeluarkan Keppres mengenai pembentukan TVRI Foundation yang bertugas menjadi badan yang akan mengatur penyiaran TVRI. Dan pada tahun awalnya, TVRI juga mampu menjaring 10.000 pemilik televisi di Indonesia. 

Langsung dari periode pada tahun 1963 sampai tahun 1976, TVRI juga sudah mendirikan stasiun televisi di beberapa kota besar seperti halnya : Yogtakarta – Medan – Makassar – Balikpapan dan juga Ppalembang. Sebelumnya untuk TVRI ini sendiri masih saja menyiarkan tayangan hitam putih, sampai pada akhirnya di tahun 1979 TVRI sudah mulai memperkenalkan adanya siara berwarna. TVRI juga menjadi sebuah cikal bakal media komunikasi di Indonesia kala itu. 

Lahirnya TV Swasta di Indonesia

Pada tahun 1976 silam, satelit palapa A1 sudah diresmikan oleh SKSD. Satelit ini memungkinkan sekali TVRI pada kala itu untuk bisa mendistribusikan siarannya menjadi jauh lebih luas sampai pada skala nasional. Memasuki tahun 1980 silam, TVRI sudah memperkenalkan adanya sistem dual channel dimana bisa terdapat TVRI Nasional dan juga TVRI lokal dengan adanya saluran serta konten lokal dari beberapa provinsi yang ada di Indonesia. 

Adanya perkembangan ini mampu menimbulkan peluang bagi pihak swasta untuk bisa mengembangkan lagi stasiun televisi terbaru. Tepat di tanggal 24 Agustus tahun 1989, lahir sudah stasiun televisi kedua di Indonesia bernama RCTI atau kepanjangan dari Rajawali Citra Televisi yang saat ini sedang booming akibat siaran sinetron Ikatan Cinta. 

RCTI yang dimiliki oleh bapak Bambang Trihatmodjo yakni selaku anak dari presiden Soeharto yang kala itu menjabat sebagai Presiden RI. RCTI juga menjadi sebuah stasiun televisi swasta pertama di Indonesia yang mampu memiliki cakupan siaran Nasional. Setelah itu di tanggal 24 Agustus tahun 1990, didirikan stasiun televisi ketiga yang bernama Surya Citra Televisi atau singkatnya menjadi SCTV. sebelumnya, stasiun TV SCTV ini memiliki nama SCTI atau itu adalah Surabaya Centra Televisi Indonesia. SCTV  ini dimiliki oleh Sudwikatmono. Setelah adnaya kemunculan RCTI dan juga SCTV, perkembangan langsung stasiun televisi swasta sudah sangat pesat sekali di Indonesia. Lalu mulai berturut-turut lahir sudah stasiun televisi swasta yang berada di Indonesia seperti halnya : 

  1. Stasiun Televisi RCTI pada tahun 1989
  2. Stasiun Televisi SCTV pada tahun 1990
  3. Stasiun Televisi TPI pada tahun 1991
  4. Stasiun Televisi Indosiar pada tahun 1992
  5. Stasiun Televisi ANTV pada tahun 1992
  6. Stasiun Televisi Trans TV
  7. Stasiun Televisi Metro TV 
  8. Stasiun Televisi Global TV 
  9. Stasiun Televisi Lativi 
  10. Stasiun Televisi TV7 

Dari sini ada beberapa stasiun televisi di Indonesia yang merubah namanya, seperti halnya : TPI saat ini menjadi MNCTV, lalu TV7 sekarang berubah namanya menjadi Trans7, Lativi untuk saat ini sudah berubah menjadi TVone. 

Perkembangan dari Siaran Televisi Indonesia 

Di negara kita sendiri, perkembangan program televisi juga sudah menjadi sebuah hal yang menarik sekali untuk bisa dibahas. Pada awal kemunculannya, TV sudah digunakan untuk dapat menyiarkan acara penting, seperti halnya Asian Games atau Upacara Kemerdekaan RI dan mengabarkan berita saja. Tapi seiring dari perkembangan zaman, Program televisi sudah menjadi semakin bervariasi lagi dari adanya program televisi yang bersifat menghibur daripada unsur pendidikannya. Berikut ini adalah perkembangan dari program siaran pada televisi di Indonesia yang bisa kalian ketahui. 

A. Program Berita serta Program Pendidikan 

TVRI sudah memfokuskan diri dalam menyiarkan konten yang bersifat mendidik dan juga penuh akan informatif. Dimana pada masa ini, televisi sudah menjadi sebuah alat bagi pemerintah untuk dapat membangun opini publik dengan menyiarkan konten bersifat mendidik dan informatif. Pada saat itu, televisi sudah menjadi alat pemerintah dalam membangun opini publik dengan langsung menyiarkan kegiatan politik dan sosial pemerintah yang berkuasa kala itu. TVRI ini memiliki program berita unggulan bernama Dunia Dalam Berita dan Berita Nasional yang ditayangkannya pada jam Prime Time. Setelah itu, muncul sudah TPI yang awalnya memang memiliki positioning sebagai televisi pendidikan yang mendukung siaran TVRI.  

  • Tahun awal TVRI akan menayangkan beberapa program pendidikan. 
  • Metro TV menjadi TV Berita pertama di Indonesia yang memulai siaran pada akhir tahun 2000an 
  • Metro TV mampu menyiarkan lebih banyak sekali konten berita – talkshow politik – acara televisi lainnya daripada program hiburannya. 
  • Sampai detik ini muncul siaran TV lainnya di Indonesia : TVOne – Kompas – CNN Indonesia dan lain sebagainya. 

B. Program Hiburan di Indonesia 

Perkembangan dari program hiburan yang berada di Indonesia juga sangat amat beragam dengan persaingan antar stasiun televisi yang mana semakin ketat juga. Berikut ini ada beberapa contoh dari program hiburan di televisi Indonesia. Seperti halnya : 

1.1 Program Sinetron = dimana sinetron ini mampu menjadi salah satu tayangan hiburan terfavorit di Indonesia. Sejak awal, kemunculannya sampai dengan detik ini, selalu saja mendapatkan tempat teratas sebagai program yang paling banyak ditonton. Sinetron juga memiliki perkembangan atas dasar genre sesuai dengan eranya masing-masing. Selain sinetron asal Indonesia, asal Latin, Asia Timur, lalu Drama Hollywood, India dan Turki yang cukup populer di Indonesia. 

2.2 Program Musik = acara yang satu ini juga sudah berkembang cukup variatif sekali. Sejak dulu ada siaran musik Khusus yang bernama MTV Indonesia. Dimana mampu menayangkan konten musik berupa video clip, chart lagu populer maupun talkshow dengan pelau musik kala itu. Kemudian mulai muncul era acara musik live di TV yang sampai detik ini masih bersiaran di setiap paginya. 

3.3 Program Reality Show = menjadi sebuah acara hiburan yang berkembang sangat pesat di Indonesia. Reality Show memang memiliki tempat di hati penonton Indonesia. 

Sekiranya itu saja sejarah dari perkembangan televisi di Indonesia yang bisa kalian ketahui. Kurang lebihnya setelah program ini, maka masuk juga Iklan yang dimulai sejak tahun 1953 dan di tahun 1980 adanya penutupan Iklan yang dilakukan oleh Pak Soeharto di saluran TV TVRI.